Ikuti Mandat Presiden Jokowi, PT Perikanan Indonesia Tingkatkan Serapan Ikan Nelayan

Ikuti Mandat Presiden Jokowi, PT Perikanan Indonesia Tingkatkan Serapan Ikan Nelayan

JAKARTA—PT Perikanan Indonesia siap untuk terus meningkatkan serapan tangkapan ikan nelayan di seluruh Indonesia, sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan badan usaha milik negara (BUMN) di bidang pangan harus menjadi off taker hasil produksi petani, peternak dan nelayan.

Apabila peran BUMN Pangan sebagai off taker semakin kuat, maka tidak akan ada lagi harga jatuh di tingkat produsen. Sehingga dapat mendorong para petani, peternak dan nelayan untuk meningkakan produksinya di hulu.

Sebagai satu-satunya BUMN di bidang perikanan, PT Perikanan Indonesia berkomitmen meningkatkan inklusivitas nelayan dengan melibatkan mereka dalam proses produksi industri perikanan.

Direktur Utama PT Perikanan Indonesia Sigit Muhartono mengatakan sepanjang 2022, perusahaan telah menyerap ikan hasil tangkapan nelayan sebesar 10.921 ton.

Mitra nelayan PT Perikanan Indonesia tersebar di 12 cabang dan 21 unit di seluruh Indonesia, di antaranya Belawan, Jakarta, Pekalongan, Brondong, Pemangkat, Ambon, Bitung, Bacan, Makasar, Sorong dan Benoa.

Ikan tangkapan nelayan yang diserap PT Perikanan Indonesia antara lain, tuna, cakalang, layang, gurita, kembung, deho dan baby tuna.

“Tangkapan nelayan yang kami serap ini selanjutnya diolah dan dipasarkan untuk kebutuhan domestik dan kebutuhan pasar internasional,” kata Sigit dalam keterangan resmi, Kamis (9/2/2023).

Sementara itu, untuk target 2023, PT Perikanan Indonesia akan menyerap ikan hasil tangkapan  nelayan sebesar 14.252 ton.                                                                                                                                

Target tersebut belum memperhitungkan keikutsertaaan PT Perikanan Indonesia dalam program Penangkapan Ikan Terukur. Dalam program yang diinisiasi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan ini, PT Perikanan Indonesia akan memperoleh kuota penangkapan ikan dengan menggandeng mitra nelayan, mitra investor maupun menangkap ikan menggunakan kapal sendiri.

PT Perikanan Indonesia meminta dukungan pemerintah agar menjadi aggregator dalam program penangkapam ikan terukur. Dengan begitu, akan semakin banyak nelayan yang akan terlibat dan PT Perindo mampu menjaga dan mengamankan pasokan ikan yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini tentunnya juga dengan dukungan Holding BUMN Pangan ID FOOD.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi berujuar mandat presiden Joko Widodo terkait penguatan BUMN Pangan sebagai standby buyer atau off taker hasil produksi petani, peternak dan nelayan merupakan upaya untuk memperkuat ekosistem pangan nasional.

Hal tersebut disampaikan Arief usai rapat dengan Presiden Joko Widodo membahas Integrasi BUMN Pangan, Senin (6/2/2023) di Istana Negara. Selain dengan Badan Pangan Nasional, Presiden Jokowi juga turut mengundang Menteri BUMN, Wakil Menteri I BUMN, Komisaris Utama ID FOOD, Guru Besar Universitas Lampung dan Rektor Institut Pertanian Bogor.

Arief mengungkapkan, untuk menyiapkan BUMN Pangan yang kuat dan terintegrasi, tentunya diperlukan pendanaan yang harus dirumuskan Bersama Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan. Selain itu, juga perlu dipastikan kesiapan infrastruktur pendukung.

Dalam rapat bersama presiden juga dibahas mengenai aspek pendanan BUMN Pangan sebagai off taker dan kesiapan infrastrukturnya. Untuk pendanaan secara umum ada dua, bisa bersumber dari APBN dan dana murah yang dikerjasamakan dengan Himbara. Hal ini diperlukan sinkronisasi dengan Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia.

Sementara itu, untuk kesiapan infrastruktur juga harus didorong dan menjadi perhatian. “Karena Pak Presiden menyampaikan, kalau di luar negeri sudah siap alat-alat penyimpanan seperti cold room yang besar. Sehingga nanti untuk produk yang bisa diperpanjang umur simpanannya dalam kondisi beku atau dingin itu bisa dipakai,” terang Arief.

Untuk tahapan selanjutnya, Arief menambahkan, dalam dua minggu ke depan Presiden Jokowi meminta agar dibuatkan penjelasan yang lebih detil. Selain itu tentunya akan ada harmonisasi beberapa peraturan yang perlu disinkronisasi.

“Targetnya presiden dalam dua minggu, kita akan kembali lagi dengan draf peraturan yang disiapkan,” pungkasnya.

logo-pt-perindo-id-food.png

Kontak Kami

  • Jl. Muara Baru Ujung, Penjaringan, Jakarta Utara - 14440
  • Tlp: (021) 6679604
  • Fax: (021) 6690523
  • info@perikananindonesia.co.id

Media Sosial