Perluas Pangsa Pasar, PT Perikanan Indonesia Luncurkan 3 Segmentasi Produk Ritel Seafood

Perluas Pangsa Pasar, PT Perikanan Indonesia Luncurkan 3 Segmentasi Produk Ritel Seafood

JAKARTA—PT Perikanan Indonesia meluncurkan tiga segmentasi produk perikanan ritel Tukato Seafood dengan nama Tukato Bay, Tukato Sea dan Tukato Ocean.

 

Ketiga segmentasi Tukato Seafood tersebut menyasar pangsa pasar yang berbeda sesuai dengan diversifikasi produknya. Hal ini bertujuan agar produk perikanan dari BUMN Perikanan ini dapat diakses dan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

 

Direktur Operasional PT Perikanan Indonesia Fajar Widisasono mengatakan selama ini PT Perikanan Indonesia fokus pada produk raw material atau bahan baku utuh untuk dijual di pasar domestik maupun internasional. Namun dengan berjalannya waktu, perusahaan mengolah raw material ikan menjadi produk yang bernilai lebih atau added value seperti ikan potong, ikan fillet dan olahan lainnya yang menjadi andalan Tukato Seafood.

 

“Kita akan kejar pendapatan dari produk hilirasi Tukato Seafood yang kami bagi menjadi 3 segmentasi sesuai target pasar,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (29/12/2022).

 

Tukato Bay adalah produk ikan yang ditujukan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Diversifikasi produk yang masuk dalam Tukato Bay antara lain ikan layang, ikan tongkol (deho) dan ikan kembung gepeng. Jenis ikan ini bernilai gizi tinggi dan diharapkan mampu mengurangi angka stunting di Indonesia.

 

Distribusi produk Tukato Bay melalui warung-warung UKM dan program-program pemerintah seperti bantuan sosial (bansos) dan Kartu Jakarta Pintar.

 

Dengan program bantuan melalui Tukato Bay, PT Perikanan Indonesia berharap dapat berkontribusi dalam mengurangi angka stunting anak Indonesia yang tembus 24,4%. Artinya, 3 dari 10 anak Indonesia mengalami kondisi gagal tumbuh alias stunting. Target pemerintah pada 2024 yaitu akan mengurangi presentasi stunting menjadi 14%.

 

“Kami mendorong agar bansos dan penanganan bencana dapat memanfaatkan produk ini [Tukato Bay] agar tidak melulu makanan cepat saji yang didistribusikan,” tambah Fajar.

 

Segmentasi kedua adalah Tukato Sea. Diversifikasi produk ini dipasarkan secara ritel di pasar modern seperti Lotte Mart, Ranch Market, Alfamart hingga online store dan menyasar segmen pekerja. Jenis produk dalam Tukato Ocean antata lain kemasan fillet ikan dori, udang banana, cumi tube, bandeng tanpa duri, tengiri steak, udang kupas, gurita steam, filet kakap merah dengan harga beragam mulai dari Rp35.000 hingga Rp150.000.

 

Segmentasi ketiga yaitu Tukato Ocean yang dipasarkan melalui website dengan program berlangganan. Tukato Ocean merupakan produk premium yang menyasar kalangan menengah ke atas yang tidak memiliki waktu untuk berbelanja di pasar modern. Dengan begitu, PT Perikanan Indonesia akan memasok pelanggan dengan produk ikan eksklusif seperti Salmon fillet, lobster, kepiting dan lain sebagainya, dan diantar langsung ke rumah penerima.

logo-pt-perindo-id-food.png

Kontak Kami

  • Jl. Muara Baru Ujung, Penjaringan, Jakarta Utara - 14440
  • Tlp: (021) 6679604
  • Fax: (021) 6690523
  • info@perikananindonesia.co.id

Media Sosial