Genjot Produksi Pakan Ikan, PT Perikanan Indonesia Gandeng Cargill Indonesia

Genjot Produksi Pakan Ikan, PT Perikanan Indonesia Gandeng Cargill Indonesia

JAKARTA—PT Perikanan Indonesia memastikan menggenjot produksi pakan ikan dan pakan udang yang berlokasi di pabrik pakan Subang, Jawa Barat. BUMN Perikanan ini menggandeng perusahaan kaliber internasional yang sudah berpengalaman di bidang pakan udang dan ikan yakni PT Cargill Indonesia.

Apalagi, pabrik pakan ikan dan udang ini merupakan salah satu lini bisnis utama perusahaan yang diprioritaskan selain pengolahan dan pedagangan ikan serta jasa kepelabuhanan.

Direktur Utama PT Perikanan Indonesia Sigit Muhartono mengatakan PT Perikanan Indonesia mulai memfokuskan bisnis pabrik pakan untuk transformasi bisnis perikanan yang berkelanjutan dari hulu hingga hilir.

Oleh karena itu, PT Perikanan Indonesia menggaet PT Cargill Indonesia untuk memajukan budidaya perikanan melalui pabrik pakan ikan dan pakan udang. Apalagi, PT Perikanan Indonesia merupakan perusahaan BUMN pertama yang bekerja sama dengan Cargill.

“Melalui kerja sama dengan Cargill, kami akan membangun eksosistem budidaya yang lebih efisien,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (28/4/2022).

Kerja sama antara PT Perikanan Indonesia dengan PT Cargill Indonesia ditandai dengan penandatanganan kerja sama yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Perikanan Indonesia Sigit Muhartono dengan Presiden Direktur PT Cargil Indonesia Christene Juanda, yag turut disaksikan oleh Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) Frans Marganda Tambunan.

PT Perikanan Indonesia akan menyesuaikan mutu atau standar produksi pakan ikan dan pakan udang. PT Perikanan Indonesia setuju untuk memproduksi, memroses, mengemas, melabeli, menangani, menyimpan dan mengirimkan produk untuk PT Cargill Indonesia.

“Nantinya produk-produk pakan ini akan didistribusikan kepada petambak di Indonesia, sehingga inklusivitas petambak akan terjaga,” tambah Sigit.

Adapun PT Perindo memiliki kompetensi teknis, fasilitas dan infrastruktur di pabrik pakan yang sesuai dengan standar Cargill Indonesia. Pabrik ini dibangun di dalam kompleks PT Sang Hyang Seri dan berluaskan 4 hektare.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Cargill Indonesia Christene Juanda mengatakan pendandatangan kerja sama antara Cargill dengan PT Perikanan Indonesia merupakan awal yang baik bagi bisnis kedua belah pihak. Hal ini juga diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan para petambak apabila mereka mendapatkan pakan ikan yang berkualitas untuk ikan atau udang budidaya.

“Kami optimistis dengan kerja sama dengan PT Perikanan Indonesia ini. Banyak yang akan kami lakukan ke depannya,” tutur dia.

Kami percaya PT Perikanan Indonesia mampu bersama-sama dengan Cargill untuk menciptkan produk pakan yang berkualitas dan bernutrisi. Pasalnya, Cargill akan mendampingi PT Perikanan Indonesia untuk menghasilkan produk dengan standar dan spesifikasi yang berkualitas.

Direktur Operasional PT Perikanan Indonesia Fajar Widisasono menambahkan selain kerja sama dengan PT Cargill Indonesia, Pabrik Pakan PT Perikanan Indonesia tetap akan memproduksi pakan

ikan dan pakan udang merk sendiri dengan nama “Muara” Pakan untuk memenuhi pemesanan dari koperasi-koperasi budidaya udang dan ikan di Lampung, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Selain untuk mengejar revenue pabrik pakan, target produksi dan penjualan ini juga dimaksudkan utk mendukung program pemerintah dalam hal ini Kementrian Kelautan dan Perikanan yaitu Kampung Perikanan Budidaya yang rencananya tahun ini diselenggarakan di 300 desa.

Jakarta, 28 April 2022

PT Perikanan Indonesia

logo-pt-perindo-id-food.png

Kontak Kami

  • Jl. Muara Baru Ujung, Penjaringan, Jakarta Utara - 14440
  • Tlp: (021) 6679604
  • Fax: (021) 6690523
  • info@perikananindonesia.co.id

Media Sosial